Outbound Bersama " Penyesalan dan Kekecewaan "

Magetan, Pengurus kelembagaan eks. PNPM Kabupaten Magetan mengadakan Outbound bersama di Pantai Sadranan, Gunung Kidul Yogyakarta, Sabtu 27 Oktober 2018.

Hampir satu bulan Pengurus ketiga Lembaga, BKAD, BPUPK dan UPK mempersiapkan pelaksanaan outbound bersama tersebut. Berawal dari agenda tahunan direncanakan ketiga lembaga mengadakan kegiatan bareng dengan tujuan menjalin silaturahmi dan sekaligus menyamakan persepsi tentang perkembangan Eks. PNPM terkini.

Walaupun telah diagendakan pertemuan skala besar dua kali, namun baru bulan Oktober 2018 dapat melaksanakan. Kegiatan bersama di awal Oktober beberapa hari yang lalu, dengan topik penyamaan pemahaman tentang bentuk program PNPM setelah selesai tahun 2014 lalu. Kebersamaan kelembagaan yang merupakan salah satu warisan program selalu dipupuk agar tidak terjadi kesalahan dalam mengambil sebuah keputusan.

Maka pada saat itu pula disepakati mengadakan outbound bersama yang didanai dari biaya peningkatan kapasitas. dengan berbagai usaha agar letupan-letupan perbedaan pendapat diminimalisir. Dan setelah pada keputusan akhir, positif kepanitiaan dengan perencanaan kegiatan disepakati. Dan dilaksanakanlah pada Sabtu 27 Oktober 2018 dini hari berangkat dengan kedua bus menuju Pantai Sadranan Yogyakarta.

Kebahagiaan peserta outbound yang dipandu Tim dari UGM Yogyakarta menambah keakraban peserta. Tertawa lebar para peserta bermain bola plastik menyemarakkan kegiatan outbound. Mereka lupa bahwa teman bermain mereka sebenarnya sudah tidak imbang, namun tak sedikitpun ada keraguan. Baik yang telah aki-aki atau yang masih remaja putri, baik yang sudah nini-nini atau yang masih muda belia, apalagi yang masih perawan dan perjaka. Mereka saling membedaki tak ada rasa sungkan dan kikuk. Karena tujuannya adalah sama-sama happy untuk menjalin kebersamaan.

Selesai main bola, sebagian peserta berlarian ke bibir pantai dengan panduan pendamping dari tim. Dengan pelampung di badan dan kaca snorkeling dipakaikan di kepala, mereka berlari ke laut untuk menikmati terumbu karang dengan ikan berenang di sela-selanya. Kejernihan laut selatan menambah keceriaan peserta outbound, hingga hilang lenyap perasaan dan pemikiran tunggakan dan angka yang setiap hari dipelototi.

Bagi mereka yang gagal mengikuti kegiatan, hanya penyesalan dan kekecewaan yang tak pernah bisa dikejar untuk diraih kembali. Hanya harapan semoga di tahun depan dapat mengagendakan lagi demi kebersamaan dan kekeluargaan kelembagaan Eks. PNPM Kabupaten Magetan dapat terwujud.

 

Dewi Pertiwi

Berita Terbaru

shadow