Akhirnya, Selesai Juga Tugas Berat Itu
Akhirnya, Selesai Juga Tugas Berat Itu

Inisiasi, sebuah kata sederhana yang ternyata terlalu rumit untuk dilaksanakan jika tidak dipersiapkan dengan serius. Asosiasi UPK Provinsi mempunyai pengalaman yang sangat berharga dengan kata tersebut.

 

Diawali dengan wacana betapa indahnya  jika setelah terbentuknya Asosiasi UPK provinsi di Jawa Timur kemudian dilanjutkan dengan terbentuknya wadah bagi BKAD ditingkat provinsi. Masih disebut wadah, karena saat itu semua tidak berani memastikan apakah bentuk  wadah apa yang paling ideal bagi BKAD Jawa Timur.

 

Apakah pentingnya BKAD dibuatkan wadah ditingkat provinsi ? pertanyaan yang berkali-kali muncul ketika wacana ini digulirkan. Tidak hanya pihak “luar”, dari kalangan BKAD pun ternyata muncul pertanyaan serupa. Inilah kendala terberat ketika inisiasi dimulai.

 

Sedangkan disisi lain, kita semua merasa wadah ini sangat penting segera direalisasikan, mengingat tahun 2015 merupakan tahun ketidakpastian dalam pelaksanaan program PNPM ini. Diperlukan wadah yang jelas yang bisa dimanfaatkan untuk share ditingkat provinsi selain Asosiasi UPK Provinsi. Dan pilihan itu jatuh kepada BKAD. Bagaimanapun juga BKAD perlu dipikirkan dan difasilitasi untuk membentuk lembaga tersebut. Kedudukan BKAD yang strategis diyakini akan mampu membawa warisan program PNPM tetap kepada jalur yang benar. Kelemahan dengan tidak adanya wadah BKAD ditingkat provinsi  kedepan hanya akan mempercepat semua warisan PNPM  menuju arah yang tidak terkendali.

 

Semua memahami dan menginginkan, hasil dari program PNPM ini kedepannya tetap lestari dan eksis selamanya. Hanya dua syarat yang menurut kami  bisa mewujudkan hal itu menjadi kenyataan. Dua syarat itu adalah kuatnya kelembagaan UPK dan BKAD ditiap kecamatan. Tidak ada syarat lain. Kekuatan UPK seberapa besarnya akan tetap rapuh jika posisi BKAD diabaikan atau terabaikan. Perlu legowo, baik UPK maupun BKAD  untuk sama-sama dari hati yang paling dalam untuk menyadari dimana posisinya dan seberapa besar wewenangnya. Pemahaman secara tulus akan memperkuat kelembagaan ditingkat kecamatan jika, semua pihak secara sadar memahami untuk tidak over lap disetiap tidakan dan policy nya.

 

Sudah harus dihilangkan dikotomi istilah UPK lahir duluan atau BKAD penguasa tertinggi. Akan semakin bijak jika dua kelembagaan ini khususnya, saling memahami bahwa semua harus duduk pada posisinya masing-masing dengan tidak saling menjatuhkan. Diakui atau tidak, semua pihak pastinya saling membutuhkan, tidak bisa lagi merasa salah satu pihak merasa paling pinter dan paling dibutuhkan dengan mengenyampingkan atau menyepelekan pihak lain. Hilangkan semua perbedaan, terima kenyataan bahwa saat ini dilingkungan kita ada BKAD, UPK dan lembaga-lembaga yang lain.

 

Akan lebih bijak jika semua lembaga ini berangkulan, bersama-sama mengembangkan semua yang telah diraih bersama tanpa harus merasa bahwa “sayalah yang paling berjasa” Dengan support beberapa pihak, dimulailah gerakan inisiasi yang dimotori beberapa pengurus Asosiasi UPK. Beberapa pihak yang pastinya akan bersinggungan dengan kegiatan ini terlebih dahulu didekati dan dipastikan akan mendukung kegiatan ini. Kepentingan dan nuansa yang masih saling curiga mewarnai langkah pertama ketika inisiasi mulai dilakukan. Pertemuan beberapa kali untuk menyamakan pandangan terus dilakukan diawal-awal persiapan Raker BKAD di tingkat provinsi untuk  pertama kalinya. Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk benar-benar meyakinkan bahwa tujuan inisiasi ini murni untuk kepentingan bersama, kepentingan masyarakat, bukan untuk kepentingan kelompok tertentu.

 

Akhirnya, asosiasi BKAD Provinsi Jawa Timur telah lahir.  Bergandengan tangan akan lebih indah dibanding saling “berhadapan”. Yakinlah kelahiran  asosiasi BKAD Provinsi akan semakin memuluskan harmonisasi hubungan kelembagaan disemua lini.

 

Selamat bekerja Bapak-bapak pengurus asosiasi BKAD provinsi Jawa Timur, kami menunggu senyummu, dan uluran tangan untuk bergandengan demi masyarakat di lingkungan kita yang membutuhkan BKAD dan UPK yang kuat dan bisa dibanggakan warga .....

 

Penulis : Agus Sudrikamto, SH,  Ketua Umum Asosiasi UPK Provinsi Jawa Timur.

Fokus Pilihan Lain

shadow