Rakorda Tri Wulan 1 Asosiasi UPK Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2016

TULUNGAGUNG, 21 Februari 2016. Sebagai langkah awal di tahun anggaran 2016, serta dalam rangka menghadapi situasi yang berkembang di masing–masing Kabupaten pasca Pengakhiran Program, Asosiasi UPK Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Rakorda triwulan 1 tahun anggaran 2016.

Acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut dilaksanakan mulai hari Sabtu sampai Minggu tanggal 20 - 21 Februari 2016 bertempat di Kota marmer Tulungagung, tepat nya di Hotel Istana Jl. Agus Salim No. 73 Kabupaten Tulungagung. Peserta dalam kesempatan itu adalah semua Pengurus Asosiasi UPK Provinsi Jawa Timur dan 29 Ketua Asosiasi Kabupaten se Provinsi Jawa Timur. Hadir pula sebagai nara sumber dalam acara tersebut Ketua Asosiasi BKAD Provinsi Jawa Timur dan Kepala Bapemas Kabupaten Tulungagung.

Cuaca hujan lebat mengiringi pelaksanaan kegiatan tersebut. Sebagai pemandu acara dalam kesempatan itu adalah Ketua Umum Asosiasi UPK Provinsi Jawa Timur Agus Sudrikamto, SH. Acara di mulai pada Pukul 17.00 WIB, Supoyo, SH,  Ketua Umum Asosiasi BKAD Provinsi Jawa Timur dalam kesempatan itu menyampaikan, Acara di Tulungagung ini rencananya akan di laksanakan bersama–sama dengan Asosiasi BKAD, namun karena situasi dan kondisi maka Asosiasi BKAD tidak dapat melaksanakannya, namun BKAD tetap mendukung sepenuhnya acara ini. Beliau juga menyampaikan supaya semua kelembagaan di masing–masing Kabupaten tetap berjalan sesuai dengan aturan–aturan yang berlaku, AD–ART, SOP dan juga perlu adanya Peraturan Bupati.Untuk Kabupaten yang belum ada Peraturan Bupati diharapkan segera berkoordinasi dengan Bapemas Kabupaten masing-masing untuk memproses Peraturan Bupati sehingga tidak terkesan berjalan sendiri– sendiri.

Kepala Bapemas Kabupaten Tulungagung Drs. Pringgono melalui sambutan nya yang di bacakan oleh staff Bapemas Kabupaten Tulungagung Suyono, SE dalam kesempatan itu menyampaikan, UPK di harapkan lebih solid dan lebih mantap dalam pengelolaan terhadap aset dana bergulir, Asosiasi UPK adalah harapan Pemerintah dalam rangka mengamankan aset–aset PNPM  “Mandiri Perdesaan“. Penggalian permasalahan dan solusi UPK Pasca Program sangat dibutuhkan sehingga bisa memunculkan rekomendasi untuk perbaikan di Tingkat Provinsi.

Tepat pukul 19.00 acara di lanjutkan dengan Laporan Pertanggung jawaban oleh Bendahara Asosiasi UPK Provinsi Jawa Timur M. Mahmudz, SE, dalam kesempatan itu beliau menyampaikan Laporan Keuangan Tahun 2015. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan perencanaan keuangan Asosiasi UPK Tahun Anggaran 2016 yang di pandu langsung oleh Ketua Umum Asosiasi UPK Provinsi Jawa Timur. Karena padatnya pembahasan maka acara hari ke 1 berakhir pada pukul 23.00 WIB.

Di hari ke dua, minggu 21Februari 2016 acara di lanjutkan dengan pemaparan dari Divisi Informasi & Data Base Asosiasi Provinsi Jawa Timur tentang Pengelolaan website & Rencana kerja Divisi Informasi tahun 2016. Kemudian dilanjutkan dengan Pemaparan dari Divisi Peningkatan Kapasitas tentang Rencana Pelatihan Bendahara UPK Se Provinsi Jawa Timur. Beberapa agenda penting yang di dapatkan dari Rapat Koordinasi di Tulungagung kali ini adalah rencana akan di selenggarakannya kegiatan peningkatan kapasitas Bendahara UPK se Provinsi Jawa Timur pada bulan Mei 2016 dan Rapat Koordinasi semua Ketua UPK se Provinsi Jawa Timur yang rencana nya akan di selenggarakan pada bulan September 2016.

 

Penulis : Asosiasi UPK Provinsi Jawa Timur.

shadow